Bahasa Pemrograman Terpopuler

Bahasa Pemrograman Terpopuler

Bahasa Pemrograman Terpopuler – Sebelumnya kita telah mempelajari perihal pemrograman dasar yang meliputi penjelasan singkat perihal definisi dan kegunaan bahasa pemrograman. Contoh Bahasa Pemrograman itu seperti apa sih ? Berikut pembahasannya.

Sebuah website survei programmer tiap-tiap tahunnya mengadakan survei dengan responden yang berasal dari semua dunia. Surveinya yakni seputar : joker123

– Bahasa pemrograman apa yang paling banyak digunakan

– Pendidikan para developer/ programmer

– Metode belajar waktu mempelajari coding seperti apa

– dan survey lainnya.

Bahasa Pemrograman Terpopuler

Menurut survey, kurang lebih ada 16 type bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan terhadap th. 2018 berasal dari sekian banyak bahasa pemrograman. Apa saja jenis-jenis bahasa pemrograman tersebut ? inilah ulasan singkatnya.

1. Bahasa Pemrograman JavaScript

Contoh bahasa pemrograman yang pertama yakni JavaScript.

Dilansir berasal dari wikipedia JavaScript merupakan salah satu bahasa pemrograman tenar di internet. JavaScript sanggup bekerja disebagian besar browser tenar yakni : Internet Explorer, Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera dan lainnya. Kode-kode JavaScript sanggup disisipkan di di dalam halaman web site memanfaatkan tag script.

Umur bahasa pemrograman ini memang telah 20 tahunan. Dan di dalam kurun waktu tersebut kini JavaScript jadi bahasa pemrograman yang paling tenar di dunia. Hampir semua web site ataupun blog yang moderen saat ini ini telah memanfaatkan JavaScript. Karena dengan memanfaatkan Javascript web site sanggup jadi interaktif dan dinamis.

2.  Bahasa Pemrograman Java

Bahasa pemrograman Java yakni salah satu semisal bahasa pemrograman yang sanggup dijalankan diberbagai komputer (PC/laptop) terhitung Handphone/ Smartphone. Sebelum Javascript menduduki peringkat pertama sebagai bahasa pemrograman paling tenar Java telah lebih dulu berada terhadap posisi tersebut.

Mengapa demikianlah ? dikarenakan kebanyakan aplikasi android yang kita memanfaatkan tiap-tiap hari dikembangkan memanfaatkan bahasa pemrograman Java. Java sendiri mengadopsi banyak kode-kode (sintak) berasal dari bahasa C dan C++.

Slogan java yang tenar yakni ” Tulis sekali, melakukan dimanapun”. Slogan itu sesuai dengan kegunaan berasal dari java yang amat mungkin aplikasi sanggup berlangsung di sebagian Sistem Operasi (Operating System ) yang berbeda.

3. Bahasa Pemrograman Python

Dikutip berasal dari petanikode.com Phyton merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling ringan dipelajari waktu ini dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya.

Python sendiri ternyata telah banyak digunakan oleh para developer untuk membuat bermacam macam program aplikasi, diantaranya : Website, Internet of Things (IoT), Aplikasi Hacking, Aplikasi Command Line Interpreter, Apbile Mobile, Aplikasi Desktop,  dan lain sebagainya.

Struktur sintak Python amat rapi dan cepat dipahami. Makanya bahasa pemrograman ini amat sesuai dipelajari untuk pemula yang baru mendambakan belajar menulis kode-kode program (coding).

4. Bahasa Pemrograman C#

Menurut wikipedia C# yakni bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh perusahaan Microsoft sebagai bagian berasal dari inisiatif kerangka NET Framework. C# dibaca sebagai C Sharp. Tanda pagar (#) yang dipakai bukanlah merupakan isyarat kres.

Bahasa C# telah terpengaruh oleh banyak aspek atau fitur yang terdapat terhadap bahasa pemrograman lain seperti : Delphi, Visual Basic, Java dan banyak ulang lainnya sudah pasti dengan bermacam penyederhanaan.

5. Bahasa Pemrograman PHP

Contoh bahasa pemrograman berikutnya yaitu PHP.

PHP atau Hypertext Preprocessor merupakan bahasa pemrograman yang digunakan dari sisi server. Bahasa pemrograman ini disisipkan ke dalam HTML. PHP sendiri banyak dipakai untuk membuat / mengembangkan situs web yang dinamis.

CMS (content management system) pun sanggup dibuat gunakan bahasa pemrograman Php. WordPress, blogger, open cart dan yang lainnya terkandung kode-kode program PHP di dalamnya. Di Indonesia sendiri komunitas/ group PHP Indonesia di facebook adalah group yang paling aktif menurut aku dibandingkan group pemrograman yang lainnya.

6. Bahasa Pemrograman C++

Bahasa pemrograman C++ merasa dikembangkan pada tahun 1970. Bahasa ini merupakan turunan dari Bahasa pemrograman C. Dimana bahasa pemrograman C++ juga juga ke salah satu bahasa yang berorientasi objek umumnya disebut dengan Object Oriented Programming.

Mulanya bahasa C++ ini dikembangkan untuk bahasa pemrograman yang dapat dikerjakan pada proses operasi Unix. Namun bahasa pemrograman C++ kini menjadi versi dominan.

7. Bahasa Pemrograman C

Dikutip dari wikipedia Bahasa pemrograman C merasa dikembangkan pada tahun 1972 untuk Sistem Operasi Unix di Bell Telephone Laboratories. Bahasa pemrograman C ini terlampau besar pengaruhnya bagi bahasa kondang lainnya layaknya : C++, Java, Objective – C, dan lainnya.

Bahasa pemrograman ini dibuat untuk memprogram proses dan jaringan komputer. Namun sering juga digunakan untuk mengembangkan software aplikasi beraneka style platform OS, arsitektur komputer, bahkan beberapa compiler yang kondang udah tersedia.

8. Bahasa Pemrograman TypeScript

Menurut codepolitan.com TypeScript adalah bahasa pemrograman yang basisnya adalah JavaScript. Dengan menambahkan fitur strong-typing dan rancangan pemrograman objektif atau OOP klasik.

Bahasa Pemrograman Terpopuler

Dilihat dari dokumentasinya, bahasa ini disebut sebagai superset dari JavaScript. Kesimpulannya kode-kode JavaScript adalah kode-kode TypeScript juga.

Untuk mengembangkan aplikasi kompleks akan lebih enteng terkecuali pakai TypeScript dikarenakan bahasa ini tawarkan class, modul, dan interface.

9. Bahasa Pemrograman Ruby

Ruby merupakan bahasa pemrograman yang dinamis, refletif, elegan, dan berbasis objek. Menurut situs ruby-lang.org ” Ruby adalah sobat terbaik programmer “. Ruby bersifat open source, enteng dimengerti, dan produktif. Kode-kode Ruby cukup elegan, naturan, enteng dibaca dan ditulis.

Ruby punyai manfaat yang terlampau bagus. Diantaranya mampu digunakan untuk membawa dampak aplikasi web, GUI, dan banyak lagi. Salah satu platform yang dikembangkan pakai bahasa Ruby adalah Twitter.

10. Bahasa Pemrograman Swift

Swift yakni bahasa pemrograman untuk pengembangan iOS dan OS X yang dikembangkan oleh perusahaan Apple. Swift didesain untu berdampingan dengan Objective-C dan hindari program dari kode yang salah.

Pertama kali dikenalkan oleh Apple pada acara tahunan WWDC 2014. Dibangun dengan compiler LLVM yang termasuk dalam XCode.

11. Bahasa Pemrograman Go

Bahasa pemrograman Go sering disebut terhitung Golang yakni bahasa pemrograman yang dibikin oleh perusahaan Google pada th. 2009.

Semacam bahasa pemrograman lainnya Go lang pun merupakan pengembangan dari bahasa pemrograman C dengan gabungan dari sebagian bahasa lain layaknya : Pascal, Modula, Oberen, atau lain sebagainya.

Aplikasi-aplikasi yang dikembangkan memakai bahasa pemrograman Go antara lain : Dropbox, Soundcloud, Cloudfare, Docker, dan Google.

12. Bahasa Pemrograman Kotlin

Kotlin merupakan bahasa pemrograman dengan pengetikan statis dan terjadi pada Mesin Virtual Java atau JVM. Kotlin bisa terhitung dikompilasikan ke dalam wujud source code JavaScript.

Kotlin sengaja dibikin untuk bisa bekerjasama dengan bahasa Java lebih-lebih bergantung pada library yang ada pada pemroraman Java. Google sudah mengumuman bahasa pemrograman Kotlin kini sudah menjadi bahasa formal untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi android tak sekedar Java dan C .

13. Bahasa Pemrograman Perl

Dilansir dari Wikipedia Perl adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Larry Wall di mesin Unix. Rilis pertama pada tanggal 18 Desember 1987. Tersedia pula untuk beraneka Sistem Operasi.

Meskipun banyak bahasa pemrograman yang baru saat ini tapi Perl masih selalu kokoh. Artinya masih banyak pengguna Perl saat ini. Salah satunya gara-gara bahasa perl bersifat dinamis dan bisa digunakan untuk mengembangkan banyak program aplikasi.

14. SQL

SQL (Structured Query Language ) merupakan bahasa yang digunakan untuk mengakses data dalam database relasional. Bahasa ini merupakan bahasa standar yang digunakan di dalam manajemen basis data. Saat ini hampir seluruh server basis information membantu bahasa SQL untuk jalankan manajemen datanya.

15. Bahasa Pemrograman VBA (Visual Basic for Application)

Contoh bahasa pemrograman yang ke 15 yaitu VBA.

VBA (Visual Basic for Application) merupakan sebuah bahasa turunan dari bahasa Visual Basic yang terhitung dikembangkan oleh Microsoft.

VBA sendiri merupakan paduan yang terintegrasi pada lingkungan pemrograman Visual Basic Editur bersama dengan bahasa pemrograman Visual Basic di dalam aplikasi utama Microsoft Office yang dimaksudkan untuk aplikasi-aplikasi tertentu.

Fungsi utama dari VBA yaitu mengakibatkan otomatisasi pekerjaan yang dilaksanakan secara berulang-ulang dan kompleks. VBA cuma bisa dibangun terhadap aplikasi utama Microsoft Office. Misalkan di microsoft excel kami bisa mengakibatkan aplikasi pendataan bersama dengan bantuan VBA ini.

16. HTML dan CSS

HTML yaitu bahasa markup yang dipakai untuk membuat sebuah website. HTML berfungsi untuk menampilkan informasi di Internet. Sedangkan CSS merupakan kode-kode yang mengatur tampilan dari HTML.

Itulah 16 contoh bahasa pemrograman yang saat ini cukup populer digunakan oleh para developer.  Masih banyak jenis-jenis bahasa pemrograman yang tidak dibahas disini.

Share